sebelum memutuskan untuk membuat website, ada banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan terlebih dahulu. Harapannya dengan mengetahui hal-hal tersebut, website yang dibangun benar-benar terasa manfaatnya bagi bisnis dan usaha.

Website merupakan salah satu media pemasaran yang cukup efektif. Dengan meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia, memiliki website terkadang menjadi sebuah keharusan bagi usaha, bisnis, instansi, lembaga, dll. Pelaku usaha-pun akhirnya berlomba-lomba membuat website.

Namun sebelum memutuskan untuk membuat website, ada banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan terlebih dahulu. Harapannya dengan mengetahui hal-hal tersebut, website yang dibangun benar-benar terasa manfaatnya bagi bisnis dan usaha.

Jika tidak terasa manfaatnya maka membuat website menjadi sia-sia dan termasuk salah satu pemborosan biaya.

 

Berikut ini hal hal yang harus Anda lakukan  sebelum memutuskan untuk membuat web:

Perencanaan sebelum membuat website

Tidak ada sesuatu yang berhasil tanpa perencanaan yang matang. Untuk itu rencanakan website yang akan Anda buat. Rencanakan hal-hal berikut ini:

1. Tujuan membuat website

Apa tujuan Anda membuat website? Cara mudah menentukan tujuan website yang ingin dibuat adalah dengan menjawab pertanyaan “Apa yang Anda inginkan pada pengunjung website Anda?” Jawabannya tentu bisa bermacam-macam, diantaranya:

  1. Membeli produk saya
  2. Mengetahui kelebihan produk saya
  3. Mengenal usaha saya
  4. Menjadi pelanggan di usaha jasa saya
  5. Membaca opini saya
  6. Mengenal profil saya
  7. Mendaftar sebagai mahasiswa di universitas saya
  8. dll

Oke, sudah terjawab? Jika jawaban Anda semisal jawabab nomor 1, berarti tujuan Anda membuat website adalah “agar pengunjung membeli produk saya”. Gampang, bukan?

Menemukan tujuan berarti memudahkan kita untuk memilih jenis website apa yang harus dibuat.

2. Struktur/kerangka website

Setelah ketahuan tujuan websitenya apa, rancang struktur websitenya. Menu apa saja yang akan ada, konten apa yang ingin ditampilkan, dll berdasarkan tujuan website yang telah ditentukan sebelumnya.

Siapkan isinya, tujuanya agar saat website sudah siap digunakan kontennya sudah tersedia dan tinggal dimuat di website.

Pengurus/pengelola

Website yang mendatangkan manfaat bagi pemiliknya tentu harus dikelola dengan serius. Sebagus apapun tampilan website, tanpa pengelolaan yang baik hanya akan menjadi seonggok website di belantara internet.

Ada tapi tiada.

Tentukan siapa yang akan mengelola website tersebut. Apakah Anda sendiri, staf Anda, kerabat, dll. Semua harus ditentukan sejak awal.

Pengurus ini nantinya yang akan  bertanggung jawab terhadap kelangsungan hidup website. Tugas-tugas pengelola diataranya: mencari isi website kemudian mengunggahnya secara berkala, memonitor jika ada kerusakan, membalas  pesan jika ada pengunjung yang meninggalkan jejak, mengupdate sistem jika ada aplikasi versi terbaru, memonitor statistik pengunjung, dll.

Budget

Budget memegang peranan cukup vital. Tapi yang jelas besaran budget bergantung pada website seperti apa yang Anda inginkan. Semakin kompleks sebuah website makan semakin tinggi budget yang harus disediakan.

Usaha Anda masih baru dan belum kelihatan profitnya sedangkan ingin segera memiliki web? Tenang, dengan budget yang minim juga bisa, kok.

Buat sendiri atau cari web developer?

Kalau Anda mengerti cara membuat website, hal ini bisa Anda lakukan sendiri. Tapi kalau Anda sama sekali awam, Anda bisa menggunakan jasa web developer untuk membuatkan website Anda.

Bicarakan kebutuhan Anda, tampilan yang diinginkan, fitur web yang harus ada, budget yang Anda sediakan, dll.

Pastikan mencari web developer yang berpengalaman dan memiliki portofolio. Lihat hasil kerjanya, bandingkan dengan web developer lainnya, lalu putuskan ingin menggunakan jasa web developer yang mana.

Konsistensi

Setelah semua hal diatas dilakukan, yang perlu diketahui lagi adalah “tidak ada website yang berhasil yang dikelola sambil lalu”.

Membuat website itu mudah, tapi yang susah adalah merawatnya. Apalagi merawat hingga hasilnya bisa dipetik.

Ketekunan Anda berperan vital pada keberlangsungan hidup website yang Anda kelola. Update website secara berkala, bisa pekanan, bulanan, bahkan harian …

Pantau perkebangan pengunjung website Anda, lalu evaluasi jika masih ada yang perlu dibenahi …

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang harus sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk membuat website. Perencanaan perlu dilakukan supaya website yang kita buat nantinya bisa dipetik manfaatnya baik oleh kita pribadi ataupun orang lain.